Sabtu, 02 Januari 2010

PENGGOLONGAN KOPERASI

NAMA : RISKA YUNITA
KELAS : 2 EA 13
NPM : 11208073
DOSEN : Yuniyuniawati

Pengelompokan koperasi kedalam kelompok-kelompok tertentu berdasarkan kriteria penggolongannya,. Dalam pekembangannya jenis koperasi yang berkembang cenderung bervariasi. Koperasi dapat digolongkan kedalam kelompok besar berdasarkan pendekatan, dan dalam kelompok besar dapat digolongkan kedalam kelompok kecil yang lebih khusus.

1. Pengelompokan Koperasi berdasarkan bidang usaha yaitu :

- Koperasi Asumsi adalah Koperasi yang berusaha dalam bidan penyediaan barang-barang konsumsi yang dibutuhkan oleh para anggotanya. Jenis koperasi yang dilayani oleh koperasi konsumsi sangat tergantung pada ragam anggota dan daerah kerja tempat koperasi didirikan.

- Koperasi Produksi adalah Memproses bahan baku menjadi barang jadi. Untuk menyatukan kemampuan dan modal para anggotanya guna meningkatkan barang-barang tertentu melalui proses yang meratakan pengelolaan dan memiliki sendiri.

- Koperasi Pemasaran adalah Koperasi yang terutama membantu para anggota dalam memasarkan barang-barangyang dihasilkannya. Untuk menyederhanakan rantai tata niaga, dan mengurangi keterlibatan perantara di dalam memasarkan produk.

- Koperasi Kredit (Simpan pinjam) adalah Koperasi yang bergerak dalam simpan dari para anggotanya untuk dipinjamkan kembali kepada anggotanya yang membutuhkan bantuan modal untuk usahanya. Koperasi ini bersifat hemat, mendidik anggotanya untuk menabung.

2. Koperasi berdasarkan jenis komoditi yaitu :

- Koperasi Ekstraktif adalah koperasi yang melakukan usaha dengan memanfaatkan sumber alam secara langsung.

- Koperasi Pertanian dan Perternakan adalah Koperasi yang melakukan usaha tertentu. Koperasi ini beranggotakan petani, dan buruh tani.

- Koperasi Jasa-jasa adalah Usahanya dalam memproduksi dan memasukan kegiatan tertentu. Contohnya koperasi audit, koperasi jasa angkutan.

Demikian macam-macam penggolongan koperasi yang dapat digunakan untuk kepentingan bersama untuk membangun kesejahteraan rakyat dalam berkembangnya prekonomian nasional akan menjadi kuat dan stabil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Mengenai Saya

Foto saya
Baik, manis, selebihnya nilai ajh sendiri