Sabtu, 02 Januari 2010

KOPERASI SEBAGAI BADAN USAHA

NAMA : RISKA YUNITA
KELAS : 2 EA 13
NPM : 11208073
DOSEN : Yuniyuniawati


Merupakan kesatuan tindakan ekonomi dalam rangka mempertinggi efektifitas pencapaian tujuan ekonomi individu anggotanya. Sistem keanggotaannya sangat penting karena hal tersebut merupakan jati diri dan nilai keunggulan koperasi. Untuk mencapai tujuan koperasi sebagai badan usaha yaitu : Manajemen koperasi, Organisasi koperasi dan SHU (sisa hasil usaha).

Bentuk Badan Usaha

Bentuk kegiatan usaha ada 2 sektor usaha yaitu usaha swasta yang diusahakan oleh pemerintah, sedangkan negara yang mengelompokan kegiatan usaha dalam 3 sektor atas usaha swasta, usaha pemerintah dan koperasi. Kegiatan usaha di Indonesia terdiri atas :
- Perusahaan perorangan
- Perseroaan terbatas (PT)
- Perusahaan negara dan Perusahaan daerah
- Koperasi

Permodalan Koperasi

Modal koperasi dibutuhkan untuk membiayai usaha dan organisasi koperasi. Modal Usaha terdiri dari modal investasi dan modal kerja. Prinsip-prinsip dalam perusahaan bahwa :

- Modal yang diterima sebagai pinjaman jangka pendek digunakan untuk pembiayaan
modal kerja.
- Modal yang diterima sebagai pinjaman jangka panjang di pakai untuk modal
investasi.

Modal koperasi sangat penting karena dengan modal yang cukup maka koperasi akan mudah bersaing dengan usaha-usaha lain diluar koperasi. Pembiayaan usaha koperasi juga menggunakan modal yang diperoleh agar kegiatan koperasi mudah berjalan lancar .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Mengenai Saya

Foto saya
Baik, manis, selebihnya nilai ajh sendiri